Cerita soal orang indonesia di balik situs Mixi didapati dari seorang
guide bernama Rita, saat wartawan detikOTO Dadan Kuswarahardja
mengunjungi Tokyo, jepang, dalam rangka Tokyo Motor Show.
Rita-san, orang indonesia yang sudah menjadi Warga Negara jepang, mengatakan di jepang situs
jejaring sosial yang populer memang bukan Facebook atau Friendster.
Situs Mixi.jp lebih disukai karena menggunakan tulisan kanji yang hanya
dimengerti oleh orang jepang atau mereka yang secara khusus mempelajarinya.
Uniknya, Rita-san mengatakan, situs ini sebenarnya dibuat oleh orang
indonesia. "Ceritanya dulu dia kerja di jepang, dia sering buka-buka
Friendster pas kerja. Pas bosnya ngeliat penasaran, tertarik dan
akhirnya bikin situs jejaring sendiri," tutur Rita-san.
Menurut Rita-san, situs Mixi kemudian menjadi populer dan disukai
banyak orang di jepang. Tentunya juga mendatangkan uang lewat iklan di
dalamnya. "Bos ini kemudian membalas budi dan menjadikan orang
indonesia itu komisarisnya Mixi," tutur Rita-san.
Tentunya, cerita dari mulut ke mulut semacam ini bisa jadi penuh
dengan distorsi dan bumbu-bumbu. Apalagi Rita-san kemudian tidak ingat
nama orang indonesia yang sukses di Negeri Sakura tersebut.
Penelusuran singkat yang dilakukan detikINET lewat Google, Rabu
(28/10/2009), menemukan beberapa 'jejak' Mixi dan pembuatnya. di Alexa,
misalnya, Mixi memang menduduki posisi tinggi (no Cool di jepang.
Facebook tak nampak di jajaran 20 besar situs di jepang versi Alexa tersebut.
Pengembang Mixi pun terlacak dalam kehadirannya di MySQL User
Conference 2006. di sana nama Batara Kesuma --yang sangat 'Indonesia'--
tercatat sebagai pembicara, ia disebut sebagai lulusan Computer
Science dari Takushoku University, Tokyo, dan pada 2006 tercatat
sebagai Chief Technology Officer Mixi Inc.
Selain itu, nama Batara juga tercatat di Wikipedia sebagai Batara Eto.
disebutkan bahwa pria kelahiran 1979 itu telah menjadi Warga Negara jepang sejak
2007 dan mengubah nama belakangnya menjadi Eto sesuai nama belakang
Kakeknya yang merupakan orang jepang. Namun tulisan di Wikipedia ini
tidak menyebutkan sumber yang jelas.
Meski mungkin bukan lagi Warga Negara indonesia, sukses Batara di
Negeri Sakura bolehlah jadi teladan bagi generasi muda di indonesia.
pada usianya yang relatif muda Batara telah sukses 'mengalahkan'
Facebook di jepang. Jika Batara Bisa, Anda juga bisa.
ini data setatistik penggunaan twitter, facebook, dan mixi dari 2009 - 2010 dijepang
http://twenty-six26.blogspot.com/2012/01/di-jepang-facebook-kalah-dengan.html